Selasa, 01 Desember 2009

JAMUR ZYGOMYCOTINA

Zygomycotina
Jamur ini hidup sebagai saprofit atau parasit untuk mendapatkan makanannya seperti teman teman jamur lainnya ,  artinya sebagai parasit ia menggunakan bahan organik dari organisme hidup , dan saprofit ketika ia menggunakan bahan organik sisa organisme / organisme mati. Sebagai jamur parasit dapat menyebabkan pembusukan tanaman ubi jalar dan buah arbei, sedangkan sebagai jamur saprofit dapat hidup pada roti, nasi, dan wortel.
Perlu diketahui bahwa jamur saprofit ini sangat bermanfaat dalam fermentasi pembuatan tempe.sebagai fermentor misalnya jenis Rhyzopus .
Hifa yang menyusun jamur ini bersifat senositik (tidak bersekat-sekat sehingga inti sel banyak tersebar di dalam protoplasma), sedangkan dinding selnya tersusun dari kitin (sejenis karbohidrat mengandung nitrogen).
Contoh jenis jamur Zygomycotina yang mudah diperoleh adalah jamur tempe dan jamur roti. Hifa kedua jenis jamur ini pendek bercabang-cabang dan berfungsi sebagai akar (rizoid) untuk melekatkan diri serta menyerap zat-zat yang diperlukan dari substrat. Selain itu, terdapat pula sporangiofor (hifa yang mencuat ke udara dan mengandung banyak inti sel, di bagian ujungnya terbentuk sporangium (sebagai penghasil spora), serta terdapat stolon (hifa yang berdiameter lebih besar daripada rizoid dan sporangiofor).
Jenis jamur yang termasuk Zygomycotina adalah Rhizopus stolonifer yang dapat diamati dengan menggunakan mikroskop seperti pada gambar ini



Jamur Rhyzopus ini , akan mengeluarkan enzim secara Ekstracelluler sehingga kandungan protein pada kedelai menjadi asam amino , dan tempe tersebut jika kita makan tidak perlu pencernaan lanjut lagi oleh usus kita.
Cyclus hidup jamur ini sama dengan teman-2 nya. Prinsip dasar yang harus disimpan di otak kita
setelah spora jatu dilingkungan sesuai akan tumbuh jadi Hifa ( benang halus) kemudian jadi Mycellium kumpulan benang yang membentuk tubuh jamur setelah dewasa menghasilkan sporangium ( gelembung) yang didalamnya ada sporanya - jika sudah kering sporangium akan mengeluarkan spora lagi , begitu seterusnya .OK (Spora - hifa - mycelium - sporangium -spora)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar